Kamis, 28 Mei 2015

Dari Hongkong 6 (the end)

Daripada stress ngerjain tesis yang tak berujung, mending kita ngeblog sajo!

Day 6, 4 Januari 2014
Hari terakhir di hongkong!

Pesawat ke kualalumpur pukul 8 malam, jadi.. sebelum kebandara masih punya banyak waktu untuk melanjutkan itin selanjutnya..
Pagi-pagi sekali kita udh check out , dan untungnya bisa titip koper ke mas negro yang jagain penginapan. Setelah dinego bisa bayar 50rb ,   dan  ini masih murah loh, dibandingin biaya nitipin tas kepenjaga toilet soekarno hatta. Ga kebayang deh kalo musti geret geret koper nyebrang pulau ke hongkong central.

Itininerary hari terakhir ini: kehongkong central mengunjungi the peak, ikea, victoria park, nyobain naik ding ding, naik tram , nyari dimsum , trus balik ke bandara
Lokasi hongkong central ini adanya dipulau seberang, untuk mencapainya kita memilih naik ferry.

Dari penginapan berjalan sekitar 15 menit menju terminal fery dengan melewati avenue star.
 


hongkong central ada diseberang sana

Lokasi avenue star ini asyik banget dipakai buat lari-lari cantik dipagi ataupun sore hari..




 

 
Setelah puas foto-foto dengan gambar jejak tangan tokoh hongkong yang mana ngertinya cuma jacky chan ama bruce lee saja kemudian kita menuju lokasi ferry
 


 
Terminalnya jadul banget tapi masih terawat dengan baik sekali




kelihatan tua tapi bersih dan rapih





fery

Katanya fery ini udah berumur puluhan tahun, udah tua banget , tapi dalemnya bersih dan terawat

kondisi didalam fery

Must try ya. Udah gitu sangat murah pula


fery merapat

Sesampainya diseberang, saya ngelihat ada loket yang bisa check in pesawat. errr
tau gitu ngapain pake titip tas segala ya dipenginapan, mending check in di sini deh ga perlu nyebrang balik ke hotel.

 Tujuan pertama adalah menuju The peak..

The peak merupakan puncak tertinggi di hongkong island , dapat ditempuh  dengan tram ataupun pake bus. Dan saya penasaran sekali naik tram ...

Dengan arahan security kita berusaha nemuin terminal tramnya, tapi malah nyasar ke terminal bus. Ya sudahlah ya, demi mempersingkat waktu, kita pake bus aja, nanti sewaktu pulang baru naik tram.

Jalan menuju the peak ini sempit , banyak jurang dan mendaki, lumayan deg deg an karena supirnya ngebuttt.
Saya duduk disamping ibu-ibu bule australia yang pergi serombongan. Disepanjang perjalanan, si ibuk ga henti hentinya ngebaggain negaranya. Betapa disana lebih hijau, banyak taman  de esbe de esbe … iya deh bu percaya percaya.

Di the peak kita hanya beli ticket yang ke sky terrace untuk melihat gedung pencakar langit hongkong, disini ada juga  Madame Tussauds.

Di sky terrace,  dikasih semacam ipad, yang isinya menceritakan tentang sejarah the peak.
 
serius amat sampe merem
 Katanya, waktu terbaik mengunjungi the peak adalah di sore hari, jadi sekalian bisa lihat suasana disaat terang dan malam hari . Tempat ini pasti romantis banget dimalam hari, penuh dengan gemerlap lampu lampu gedung pencakar langit,  di siang hari aja banyak bulai yang ke gep lagi ciuman.


ga perlu punya keahlian foto khusus buat ngambil pemandangan ini




kepanasan cin

Puas foto-foto dan melihat yang lagi ciuman kita naik tram untuk perjalan pulang , yang mana ngantri banget . Tram ini usianya udah puluhan tahun, jalannya miring 45 derajat, dan relaif singkat daripada naik mobil. Ga enaknya naik tram sewaktu pulang, badan ngadep kedepan, tapi tramnya meluncur turun kebawah. Macam roller coaster.



tram


Tujuan selanjutnya ke Victoria park, mau lihat TKW. Hihi, nyampe di sana banyak banget tkw nya, mereka lagi ngadain pengajian, arisan, dll, rame banget deh.


gambar dari sini
Mereka pada duduk beralaskan Koran atau plastic, kenapa ga pada bawa tikar ya...
Dan sempet sempetnya lo singgah ke ikea di voctoria park :D. Yes, travelling kenegara manapun ikea musti masuk itin!. Padahal disana cuma beli jepitan jemuran ama sprei

ikea :D


Tujuan selanjutnya mau nyari dimsun dan nyobain naik ding ding
 
Ding ding ini semacam bus/kereta  yang jalan diatas rel, busnya tingkat dengan warna warni gonjreng,berukuran ramping,  bayarnya pake uang pas dan murahh.  Berhentinya juga ditempat tertentu, yang jalurnya ada ditengah jalan. Lucuk ya..
 
 
gambar dari sini

 
Turun dari ding ding sempet  melipir dulu ke uniqlo dan ga beli apa apa juga. Yang namanya tahun baru dimana mana rame banget nget nget.
 
Nanyain ke TKI dimanakah gerangan lokasi dimsum yang kesohor itu berada.  Udah diarahin tapi  tetap ga nemu lokasinya “perjuangan banget deh*.
 
Setelah lelah berjalan, masih ga nemu juga padalah ini udah waktunya kebandara. Ga ada yang ngerti dimana lokasinya, kecuali para tkw. Karena anaknya persistent, saya tetep berusaha nyari, tanya sana sini, lihat peta , ngegugel dll.
Akhirnya ketemu juga mesjidnya…. Alhamdulillah.
Masjid Ammar and Osman Ramju Sadick

Tempat jualan dimsum ini ada dikantin di lantai atasnya , untung aja masih buka. .



 
Dimsumnya enakk, tapi tetep ga suka saosnya . Masih lebih enak dimsum nelayan untuk saosnya.

Setelah selesai  makan , ga sengaja ketemu (Almarhum) Yuda *lope lope*. (meninggalnya baru aja lo). Dan ternyata si Yudha ini salah satu caleg DPR pusat ,  dia lagi kampanye ke tkw tkw
Anaknya ganteng banget , mirip artis korea, udah ganteng, pinter dan ramah pula

Y: Disini kerja mbak?
D: *pundung*pasti ngira tkw nih
    Ga kok, lagi liburan.
     Stasiun MTR terdekat ada dimana ya Mas?
Y: Oh bareng kita aja, saya juga mau kesana kok
D: Gpp kok mas, tunjukin aja….

Pegelnya kaki ga usah ditanya lagi lah ya, udah jalan berpuluh puluh kilo sepertinya..

Nyampe di penginapan ambil barang dan langsung cus ke airport.
Sebelum masuk kestasiun MRT saya kembali melihat antrian bak ular naga panjangnya deket pintu masuk MRT tsim tsa sui.  Ini udh sejak hari pertama nyampe di hk ngelihat antrian sepanjang ini,
Pada ngantri apa sih ni orang-orang...

Daripada mati penasaran,  saya berjalan menyusuri  ke ujung antrian, ternyata.. mereka lagi ngantri beli kue.

Buset!
Kue kaleng gitu, lagi sale,
kok antrinya sebegitu panjangnya....
dan yang ngantri ga hanya ibuk ibuk tapi segala gender dan segala usia .

Penasaran pengen beli, tapi sudah tidak ada waktu lagi. hiks

Tiga jam sebelum keberangkatan kita udah nyampe di bandara dan langsung nyari makan dulu. Selesai makan, kemudian nyari check in counter dan  menuju pintu keberangkatan.

 Udah 3 kali muter muter tetep ga nemu dimanakah gate nya. Kaki udah pegel banget ngitarin bandaranya yang luas benerr kaya mall itu . Udah sejam an lebih  muter muter dan  nyerah, tetap lo ga nemu papan petunjuknya. baru deh balik lagi ke counter nanyain dimana sih pintunya..

‘You must hurry up, its almost bording.

You must go by train, and  then from here ( sambil gambarin denah) take a bus. ‘

 Whatttttt… kenapa ga dibilangin dari tadi sih mbak ee kalo gatenya sejauh ini dan ada digedung yang lain *nangis*

Pesawat bentar lagi udah mau boarding, kita berusaha lari sekencang mungkin.
Ga lucu banget kalo sampe ketinggalan pesawat

.Nilai Moral: Jangan malu bertanya, begitu sampai airport cari tahu dimana pintu keberangkatan dll, setelah itu baru deh ngurusin ini itu.

 Nyampe diterminal keberangkatan, ternyata ....
Delayy      zzzz *antiklimaks*

Ternyata banyak banget loh setelah kita yang datang tergopoh gopoh. Ini pasti juga karena ga dingasih tahu., mereka kira kita udah terbiasa bolak balik ke hk tkw kali ya ,  udah tahu dimana pintu nya zzzz

 Nyampe di Kl udh tengah malam sekitar jam 11 an . Suasana di LCCT seperti biasa tetap ramee. Seneng aja ngelihat berbagai gaya, tingkah dan perilaku orang-orang dari berbagai negara.

Lewat dari jam 12 malam masing-masing udah pada ngetek lokasi tidur, yg paling beruntung tentu saja yang bisa tidur diatas kursi dan sebelah colokan :D.

Memang niat awal kita pengen nyobain tidur di bandara sih, biar sah jadi backpacker .hihi.

tatak tidur
 


sudah sah jadi backpacker!


All mission accomplished, semua itinerary yang ditulis tercapai semua ..Alhamdulilah.

"To travel is to discover that everyone is wrong about other countries "
- Aldous Huxley-

 
 Sampai jumpa di edisi travelling berikutnya :D

 



 




















Jumat, 13 Februari 2015

Bahagia itu sederhana
Sesederhana keinginan keinginan kecil yang kemudian jadi nyata..

Sejak pindah tugas  ke medan, saya  makin sering mondar mandir terbang, baik untuk urusan pekerjaan maupun urusan pribadi .
Posisi favorit dipesawat tentu saja yang dideket jendela! Dan kalau lagi beruntung bisa dapat duduk di baris paling depan. Syurga banget.., tiket ekonomi, duduk paling depan dan deket jendela pula. Haram btg tu hukumnya duduk di tengah :D.

Kursi panas lain yang pengen saya duduki adalah di bagian pintu darurat. Pada saat check in, sering request duduk di row emergency window, tp tentu saja ga pernah dikabulin. Yang sering duduk disana pastinya  lelaki yang berbadan tegap supaya bisa bukain pintu darurat ataupun bule bule juga suka dikasih duduk disitu.

Keinginan random lainnya, pengen banget dapat duduk disamping bule, kepengen nanyain kenapa ke indonesia trus liburan kemana aja de es be de es be :D. Hal absurd lainnya,  kepengen juga suatu saat duduk disamping artis macam nicholassaputra ataupun politikus idola trus wefie dan upload di instagram :D.

Tapi sialnya keinginan keinginan tersebut belum pernah kejadian,
sampe hari itu.... 11 Februari 2015..
 
Dalam rangka perjalanan dinas, sebelum  pulang saya memutuskan untuk nyebrang kebatam dulu dan nginep disana. Daripada nginep di singapur yang mana harga hotel makin menggila saja akibat SG dollar yang terus naik. Besok pagi baru deh balik jkt.
otw ke harbourfront

Dari batam ambil penerbangan jam 7.40 pagi pakai citylink. Sesampainya dibandara Hangnadim agak sedikit kaget, kok bandaranya tua banget yaaa.
Persaaan beberapa tahun yang lalu kesana, masih bagus, memang udah saatnya nih AP II harus  ngerenov.
Sebelum berangkat kebandara,  saya udh chek in online, tapi ntah ga ngelihat ada pilihan kursi tiba tiba muncul aja 12E. Siaal dapatnya ditengah !. 

Setelah memasuki pesawat, ternyata Posisi12E itu memang berada ditengah tapi  terletak di  Emergency Window Row Seating. Yayyyyy

 
Syenenggg dan sekaligus deg deg an. Di barisan emergency window ini, tempat duduknya lebih lapang, jarak antara tempat duduk depan lebih lebar. Petunjuk keselamatan di kantung kursi juga ditambahin dengan cara membuka pintu darurat. Deg deg an. Dibrosur petunjuk  disebutkan  kalau rasanya tidak akan mampu membuka pintu lebih baik tuker duduk sama orang yang mampu. Karena nanti nya, yang duduk disini tidak hanya berperan buat bukain pintu tapi juga, gelembungin perahu karet sama nolongin evakuasi korban. *serem*.

Ketika hampir semua penumpang udah pada naik, tiba tiba munculla seorang bule yang nenteng nenteng tas ransel . Doi ngomel ngomel karena tas ransel nya ga bisa masuk ke kabin. Padahal jelas ukuran kabin. Sekilas terlihat label ' Crew' ditas nya.

Sayup sayup terdengar gerutuannya ke pramugari; how could they're allowed bring those big bag into cabin.
Duh kesindinr berat nih, tas saya 9kg tp maksain masuk kabin.
(Untuk urusan tas berat masuk cabin ini, saya terinspirasi sama seorang bule traveller kere. Waktu itu dia lagi check in, pas disuruh nimbang tas, eh dianya ngeluarin dulu isi yang berat-berat ,pada saat itu buku-buku dikeluarin. Trus baru ditimbang. Selesai ditimbang,  buku-buku dimasukin lagi. Proses ngeluarin atau masukuin buku ini tentu saja ga terlihat sama petugas chek in karena mejanya kan tinggi.
Kalo tips dari saya, koper ditaruh agak jauh aja dari meja checkin, trus check in seperti biasa, trus tunjukin tas tangan,mintain label , nanti setelah dapet pindahin labelnya ke travel bag. * semoga ini ga ada hubungannya dengan keselamatan pesawat ya”. Kejadian ini saya lakuin kalo lagi buru-buru aja kok , ngambil bagasi kan lumayan menyita waktu :D)

Ternyata si bule yg berperawakan tinggi kurus, kepala plontos,umur sekitar 40an, pake sepatu sport, kemeja biru panjang, celana jeans panjang, dileher tergantung tali nametag dan ditasnya ada tulisan 'Crew' itu  duduk disamping saya. Yesssss!

Pramugari menerangkan, jika ada aba aba "Evacuate Evacuate Evacuate" barulah jendela darurat boleh dibuka.
Waktu pramugari nerangin cara buka pintu darurat  dalam bahasa ingggris, eh si bule langsung nyela.
Thank you , You don’t need to explain because I am a pilot. I have known about the procedure,.

 ( WOW GUE DUDUk DISAMPING BULE AJA UDAH SENANG APALAGI TERNYATA DIA SEORANG PILOT)... Call me Lebay zz zzz  

"Si mbak pramurari kelihatan grogi, "but this is our regular procedural sir, let me explain"
"no need", thank you.
Ya akhirnya si pramugari pergi.
(dalam hati somse banget nih bule, mentang mentang pilot, dengerin aja kan gpp ya)
Jadi hari itu impian duduk dipintu darurat  dan duduk  disamping bule jadi kenyataan dalam satu penerbangan, haha. #bahagiaitusederhana

Saya ga nyianyiain kesempatan emas ini dong.

Langsung sok ikrib nyapa duluan

D: Hello Captain!
P: Hai mam
D: (njritttttttttttt bahkan bule aja panggil gue mam ;(        )
 Iam very happy , it’s the first time for me to sit at emergency window  and  sit beside a pilot. *sambil senyum lebar*
P: You should not sit on this seat, because you are too tiny. This window is so heavy 15kg. You will not be able to open it.
D: Yes, I did  online checkin, that's why I get this seat. Hmmm  but you sit beside me, So iam safe :)
P: No no no no, you know ,yesterday the plane crashed at this airport because of the pilot  bla bla bla....
D: *Langsung gemeter.*
Memang kmrn baru kejadian pesawat latih dari flybest flight academy jatuh karena gagal mendarat dibatam, untung pilotnya selamat karena berhasil lompat.

Btw, Semalaman saya  ga bisa tidur, gara-gara salah seorang temen nyeritain kejadian serem yang dia alami. Pundung banget deh, udh tahu dihotel saya tidur sendiri dan penakut kelas kakap . Jam 3 malem baru tertidur. Padahal kasur hotelnya empuk banget

Jadi..Planning awal yang  mau tidur pulas dipesawat akhirnya gagal total. We had a very interesting discussion!
Mulai dari  takeoff sampai landing ga berhenti henti ngobrol. Topik nya beranekaragam. Walaupun kesimpulannya dia tetap ga suka Indonesia! huhuuhu
Dese ga bisa bahasa indo, padahal 3 tahun tinggal disini.

Saya jadi mendapatkan perspektif lain tentang Indonesia. Berikut  beberapa pembicaraan yang berhasil saya ingat  .

1.  Orang Indonesia sering ga sopan, jarang banget yang ngucapin sorry, thank you dll. Seringkali kejadian dia lagi jalan trus di serobot orang, didorong trus pelakunya cuek aja tanpa bilang sorry. Dia nyeritain beberapa kejadian yang dialamin

D : Hih, tapi kan itu pas kamu lagi sial aja , banyak kok orang Indonesia yang   sopan dan ramah.

P : Saya udh tinggal disini lebih dari 3 tahun, dan sama saja. Oneday, I took a bluebird taxi. Do you know what the driver said?

D : Nope

P:  He Said: I like Indonesia SIr but I don't like Indonesian. Even a taxi driver said like that!

D: ( buset jug nih supir taxi jelekin negeri sendiri).

 

2.  D: What is your favorite airport in Indonesia

P: Nothing

D: Errr. Okey. What is your favorite city?

P: mmmmm

D: Don't you think Bali is interesting?

P : yeah, But I go to Bali just for holiday 

 

3.  D: How about the dishes? Do yo like indonesiaan food?

P: I don’t like it!.Errr

D : But Rendang is the most delicious food in the world! 

P : Haha, that because the population of Indonesian is about 250 million , but my country is only 50 Million. Spaghety could be the most delicious food if we have 250 million population vote for it.

D : Errr (tapi make sense juga ya, eh tapi kan yang ngevote rendang juga pasti banyak para bulee)

 

4.  Dia sebel, setiap parkir dimana saja selalu harus ngasih duit 2rb tapi ga pernah dapat bukti karcis parkir. Uangnya kemana katanya? Padahal jalan itu yang bangun juga pemerintah.

 

5.  Dari thamrin ke airport bisa bayar taxi 180ribu waktunya juga bisa lebih sejam am ,Sementara dengan jarak yang relative sama, dari Orchard ke Changi hanya dalam hitungan menit, dan cuma bayar sekitar 2, dollar.

D: Yeah, We have started construction the railway at soekarnohatta.  within 5 years, you will see everything will change better.

P : Okey i'll see

 

6.  P: Di Indonesia kalau kamu punya duit kamu akan dihargai. Negara yang dimana duit paling penting dari segalanya. Contoh kaya anak orangkaya yang nabrak orang tapi ga masuk penjara. Don't get me wrong...
     D: ( Sial banget nih bule, pedih) .

P : Kalau dinegara saya (itali) perbedaan antara kaya dan miskin ga  terlalu  jauh ga kaya disini.

Lagi-lagi saya bilangin kita akan menuju kesana, semoga dengan      pemerintahan baru sekarang dapat menuju Indonesia yang lebih baik.

 

7.  P: Public hospital disana ga ada ruang vip. Kecuali  kalau jabatannya   presiden wakii prresiden baru bisa dapet ruang khusus. Bahkan direktur aja kalau ke public hospital juga numplek sama pasien lain.

D : Hmm I don't believe it. Imust come to your country to prove it. (bener ga sih? agak ga ya kin kalau yang ini)

8.  P: In public area, saya jarang banget nemuin petunjuk/pengumu,man berbahsa inggris, padahal itu penting. In the hospital, in police station , they can’t speak English dan itu sangat menyulitkan kami sebagai pendatang. Saya pernah kerumah sakit dan ga ada yang mampu bahasa inggris. Its different with Malaysia,  Singapore,

    D: But english is not our main language

    P: In Bangkok they speak English

    D:  Iam not sure, I find many people can’t speak English there

     P : I mean , it’s okey if you can’t speak English if your job not require it. But if you work in public service, you must  be able to speak English to give information etc. Dan dibangkok pun semua petunjuk jelas dan kita tahu kemana harus melapor, dapatkan informasi dll/

D : ( ternyata penting ya bahasa inggris)

 

 

9.  D: How do you think about the accident of  MH 370 and Air Asia .

P: Pesawat MH 37o jatuh bukan karena kesalahan pilot, pasti ada secret   gitu, sampe sekarang ga ditemuin , signal mati,kalau ga ada    apa2nya pasti udah ketemu. Pasti ada orang yang matiin segala signal dll. Pesawat arir asia jatuh karena kelalaian pilotnya, harusnya pada saat mau menukik naik itu harus kencang jangan lambat, ( sambil meragain ) , akibatnya berat pesawat bla bla... (sambil nyebutin istilah penerbangan yang saya ga ngerti)

 

 

10.    P: Pesawat besar umumnya diterbangkan pake auto pilot, dimana ada  monitor (kalo ga salah dia nyebutkan 7 monitor apa ya ), dengan 3 group. Kalo monitor 1 mati masih bisa 2 dan kalau 3 mati maka harus pake manual . Nah kebanyakan pilot jaman sekarang ga bisa mengoperasikan manual, karena udh terbiasa pake auto. Sebelum menerbangkan pesawat besar saya harus mahir dulu menerbangkan pesawat pesawat kecil (seperti pesawat shushi air) yang masih menggunakan manual

      I need 7 years before flying big plane *ngeluarin buku sertifikat terbangnya*

D: I think it only needs 2 years to get the licence

P: In Indonesia, Even 8 month you can get the license and flying boeing,

D: busett

P:   Mutu pilot Malaysia lebih bagus dari indo ,saya sering melakukan penge tesan pilot dan orang indo sering gagal tes dan harus ngulang. ( ini karena sentiment ke indo aja kali ya)

 

11.    Katanya Untuk urusasan pelayanan, orang indo paling parah. Kalo dikomplen   hanya bisa bilang Iam sorry sir, Iam sorry sir.

Kejadian 1: di laundry Indonesia

P: Look at this  (sambil nunjukin bajunya). They did it to my shirt.

D: (iya kelihatan bekas setrikaan hampir berlobang,  tapi itu kecil banget  menurut saya bisa dimaafkan). So what did they do after your complaint?

P : They only said Iam sorry sir, Iam Sorry Sir. without doing nothing. tanpa ganti rugi!

D : hmm, u just paid maybe Rp.5000/shirt . if you paid 100rb/shirt, they will give you good service ,hihi,

P : The point is costumer! . mereka harusnya bisa lihat petunjuk cara mencuci ataupun setrika di balik baju ini.  This shirt is expensive

D: (kalo kemeja mahal cuci sendiri aja om ;p)

Kejadian 2: di starbuck

P; One day I went to my fav starbuck at Bangkok . And that day was my birthday. Unfortunately, my fav cake was out off stock. So I said to the waitress.. “Well Iam so sad, Today is my birthday but I can't eat my favourite cake :(“

D. So what did they do ?

P: They said:  happy birthday happy birthday, sang, and they gave free of charge for all my meals!. They might lose 10 dollar, but I might always come to their place.

D. Wow, have you  ever tried it in indonesia?

P: Yes

D; And then, what did they do?

P: Happy birthday Mr. That's it

D: hehe
P: bahkan saya udh jadi pelanggan di starbuck di airport batam tadi, tapi mereka tidak berusaha membuat pelanggan menjadi betah.

Kejadian 3: di Taipeh

P: I stayed at one of hotel at taipeh, and  the tv cabel was broke. I complained to the hotel.  

D: An then, they fixed it?

P: Nope, they gave free of charge room. I didn’t need to pay the room  

D; hmmm it must be  because you are pilot

P: apa hubungannya? because iam a pilot so iget the special treatment?

D: Imean the employees of your company always stayed there and they knew you well

P: nope, I stayed there for the first time and for my personal business.

    D: woww

 

12.    D: Btw, Is it okey to set flight mode?

      P:  You must turnoff your phone for takeoff and  landing.  Pake flight mode sinyalnya masih tetap ada!.

     D; oya? i'always bring my camera to capture the view, I always turnoff my phone

      P : *ngeluarin hp * . I always turn off my phone during the flight
             (hpnya Samsung #infoyangga penting)
 

13.    P: Kamu pasti mengira saya kasar karena kejadian sama pramugari tadi

D: yes you are      

       P: But I think it’s okey. its just about the different culture.

      D; . Why you didn't give a chance to her to explain?

      P; It will waste her time, I know She was busy, she could do other thing.

      D: (yaelah om, paling pramugari nerangin juga Cuma 1 menit aja ga nyampe)

 

14.    D;  Please mention, alitle thing that you like in indonesia

     P: nothing,

     D; pleaseee (maksa),

     P: hmmm Well, Maybe mountain and weather. I like it

 
 Mau nanya lebih lanjut pesawat udah keburu landing

      

Random banget ya obrolannya.


Gak terasa  udh ngobras  1 jam lebih sampai pesawat landing.


D. Sorry my bag is about 9kg but i brought it to cabin * sambil ambil kresekan 'kek pisang batam’ yang disangkutin di depan kursi*


 P: and you also bring 2 pieces items *sambil ngelirik kresekan*

D : hehe

P: okey, i will take it to you . which one?

 D: (Padahal ga bermaksud minta bantuan juga lo om)

 

Well Nice to meet u captain!. Bye bye...:)

 

(btw, kemaren sempet ngomong didalem hati, ini saya kalo sakit kok seringnya flu
terus ya ga pernah batuuk deh.  eh kejadian sekarang batuk!!, so dear people hati- hati kalo ngomong;p),