Sabtu, 22 Februari 2014

Kunjungilah baitullah selagi muda part 3


Bismilllah...
Pertama tama..hari ini saya lg ultah lo...*tiup tiup lilin*
Happy birthday to me happy birthday to me :D
di usia yg sudah tidak  muda lagi tp msh single ini, sy sungguh kesel kalo dipanggil ibuk dimana mana. kadang-kadang saya langsung bales pangil ibuk juga ke org yang manggilin itu walo kelihatan si mba nya masih kecil, emg enak dipanggil ibuk huahahaha.
sy memang takut tua tapi punya tampang tua dan memang udh tua :D

Baiklah mari melanjutkan cerita umroh..
Sebenernya draft cerita  ini udh selesai diketik di Msword beberapa waktu lalu, tapi keesokan harinya sang leptop dicuri orang dan saya ga punya backup foto2 umroh, jadilah lama banget baru punya hasrat untuk menulis lagi. Kemudian baru teringat kalo dulu  pernah posting beberapa foto di akun tumblr yang berarti bisa diambil *langsung donlot*
Kalo si maling yang beruntung itu bisa bukain password leptopnya , pasti  draft postingan umroh langsung muncul, karena saya hampir ga pernah matiin leptop , selalu di sleep aja dan sering ga nutupin file file. huftt *masih kesel*

ya sudahlah, alhamdulilah skrg udh dpt ganti soulmate yg lebih oke dengan spek dan bentuk sesuai yg saya mau, yayy . tp sumpah ini jgn dibilangin hikmah  dari hilangnya leptop yg lama ya ..

Ngelanjutin postingan yang ini..
Jadi perjalanan dari dubai ke medinah ditempuh dalam waktu sekitar 2jam  dng menaiki pesawat emirate. Jam 4 sorean udh nyampe di bandara Medinah. Sebelum ke imigrasi diingetin agar jangan jauh-jauh dari mahram..
Jadi jika kamu berjenis kelamin wanita  dng usia dibawah 45 tahun , belum menikah atau kalo pergi umroh tanpa suami wajib ada mahramnya. Mahram ini adalah seorang laki-laki, biasanya diambilin dari rombongan umroh yang sama. Dan jemaah umroh yg menggunakan mahram  dikenakan biaya untuk mahram ini, sekitar 3oorban. Peran mahram hanya sebatas untuk syarat administrasi aja. Kirain selama  disana, kemana mana harus sama mahram,ternyata tidak.


Selama di Madinah Al Munawaarah kita menginap di Hotel Al Anshar, sejenis hotel bintang 3.
Dari hotel ke mesjid nabawi dekat bisa ditempuh dengan jalan kaki sambil nutupin muka. Kenapa gitu? Panas bok, suhu sekitar 45 derjat celcius. Siang-siang ada angin, tapi anginnya itu juga panas. Ini ibarat kita lagi jalan diantara dua api unggun yang menyala *lebai*. Beginilah kalo umroh di bulan juni dimana arab lagi  hot hotnya. Btw ternyata pake cadar itu enak juga lo, adem dan terbebas dari debu.

Begitu sampe hotel, letakin koper dan tiba-tiba...... mati lampu.Ujian banget, udahlah di luar segitu panasnya, ditambah lg hotel mati lampu. Tidakkk
Ya Allah, ga di Arab ga dipekanbaru kok krisis listrik sih
E tapi kejadian disini  karena gardu listrik ato apalah gitu yg kebakar,mengakibatkan semua hotel pada mati. kecuali di Mesjid Nabawi. Mungkin karena hotel bintang 3 dengan persediaan solar terbatas, genset dipake cuma buat lampu koridor dan ngidupin satu lift aja, airnya aja mati, dan itu cukup lama lo... hampir sehari apa ya .ampun deh
Ga bisa komplen juga ke travel umrohnya, karena yang mati lampu itu di semua hotel.
Memang karena musim panas banget, bahkan sering kejadian ada hotel yang kebakar

Ya hikmahnya disuruh lama-lama di mesjid nabawi, ya tentu dong, masa udh jauh jauh kesini malah leyeh leyehan di hotel :D

Berapa lama dimedinah?
Sekitar 3 malam, nyampe di medinah di Kamis 6 Juni  pada sore hari dan bertolak ke Mekkah pada hari Minggu siang 9 Juni 2013.

Kegiatan dimedinah apa aja?
Beribadah di Mesjid Nabawi dan melakukan ziarah ke tempat-tempat yang bersejarah seperti Mesjid Quba, Mesjid Qiblatain, Jabal Uhud dan mengunjungi Perkebunan Kurma untuk belanja oleh2.

 Gimana rupa mesjid nabawi?
 very beautiful..
payung mengembang dipelataran mesjid

payung menutup disenja hari

Didalemnya kaya apa?
gambar dari sini
Di setiap kaki-kaki tiang ada grill tempat keluar udara dari ac nya.., Ga heran kalo didalem mesjid sejukkkkkk sekali dan sangat extrim bedanya dengan suhu udara diluar pada saat itu
Mesjid ini sangat luas, infonya bisa menampung sekitar 1jt an jamaah . Kubah di mesjid yang jumlahnya  lebih dari 20 an  bisa buka tutup otomatis. canggih

Air zam-zam tersedia didalem dan diluar mesjid, kalo didalem mesjidnya bentuknya seperti galon galon ini dan itu jumlahnya banyakk. jadi ga mungkin kehabisan. Airnya juga terdapat dua pilihan mau yang cold atau not cold. Disana ada petugas yang siap sedia mengontrol isi galonnya, dan itu menjadi tontonan yang seru ketika proses penggantian galon, sigap dan cepat.

gambar dari sini

Kalo diluar bentuknya seperti kran-kran begini

gambar dari sini
Trus, toiletnya seperti apa?

Kamar mandi dan tempat wudhu itu berada dibesmen dipelataran mesjid, ada eskalator dan tangga  menuju kesana. Jarak dari dalem mesjid menuju ke toilet ini cukup jauh , karena kan pelatarannya luas. Petugas kebersihan didalem mesjid ataupun yang di toilet itu jumlahnya banyak, dan ternyata banyak dari mereka merupakan merupakan TKI Indonesia. Dibalik cadar-cadar itu ngomong jawanya medok sekali.., ada juga sih yang ga bercadar.


tempat wudhu ada bangkunya

pintu kamar mandi nya dari besi

Apa yang spesial di mesjid ini?
Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Shalat di masjidku ini lebih baik daripada seribu kali shalat di masjid lain, kecuali Masjidil Haram.” (Muttafaq ‘alaih). - See more at: http://www.jurnalhaji.com/rukun-haji/menziarahi-kota-madinah-al-munawarah/#sthash.2q6UTmd8.dpuf
Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Shalat di masjidku ini lebih baik daripada seribu kali shalat di masjid lain, kecuali Masjidil Haram.” (Muttafaq ‘alaih). - See more at: http://www.jurnalhaji.com/rukun-haji/menziarahi-kota-madinah-al-munawarah/#sthash.2q6UTmd8.dpuf
Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Shalat di masjidku ini lebih baik daripada seribu kali shalat di masjid lain, kecuali Masjidil Haram.” (Muttafaq ‘alaih).
Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Shalat di masjidku ini lebih baik daripada seribu kali shalat di masjid lain, kecuali Masjidil Haram.” (Muttafaq ‘alaih). - See more at: http://www.jurnalhaji.com/rukun-haji/menziarahi-kota-madinah-al-munawarah/#sthash.2q6UTmd8.dpuf
Yak, pahala  sholat di mesjid ini gede sekali, makanya jangan sholat di hotel

Selain pahalanya gede, dimesjid ini juga terdapat makam rasululah SAW

Dulunya saya kira kita bisa ngelihat langsung kuburan beliau, ternyata kita hanya bisa ngelihat dindingnya aja seperti ini.

gambar dari sini

 Jangan kira gampang ya masuk ke sini, rame dan berdesak desakan dan pake giliran. ga kebayang deh kalo lagi musim haji.


dipintu masuk rawdah

Di dekat makam rasulullah ini terdapat rawdah. Yakni merupakan taman syurga 
Letak Rawdah ini adalah antara rumah Rasulullah dan Saidatina Aisyah dengan mimbarnya. Disana kita bisa lihat daerah raudah ini karpetnya ditandain beda.
Disinilah tempat yang paling mustajab untuk berdoa, ibaratnya kilat khusus . Jika doa disampaikan dengan setulus hati bersungguh sungguh akan dikabul olehNya.
Jadwal untuk mengunjungi rawdah dari travelnya itu pada hari Jumat Malam untuk jemaah wanita dan jumat pagi untuk pria. Karena kita bertiga udh penasaran , jadilah setelah sholat dhuha kita mengelilingi mesjid nabawi dan ketemu pintu menuju rawdah. Akhirnya berhasil masuk juga, antriannya jangan ditanya deh ya. Para laskar wanita arab aja udh kewalahan  menghadapin ibuk2 jemaah ummroh . dhudhuk ibuk dhudhuk ibuk begitu kata polisi wanita ini dibalik cadarnya;D
Nyampe didalem bengong, ini yang mana ya yg makam rasul , rawdah itu yg mana dll. Walaupun ibuk sy udh haji, tapi beliau ga sempat dulunya masuk ke rawdah ini saking ramenya

Setelah sholat isya kita ngikut rombongan ke rawdah dibimbing oleh satu ustadzah. Ustadzahnya bagus, orang indonesia yang udh lama menetap disini. Katanya kalo rawdah lagi lengang, dia sering menamatkan alquran disini. Kita dikasih tahu sejarah makam rasul , rawdah dll, trus apa yg harus dilakuin dan ga boleh dilakuin disana, trs nanti sholat apa aja didalem sana , bacaan dan doa2 . Baru ngerti deh, oo begitu ooo


 taman syurga, ornamennya emas  asli 24 karat
Dirawdah sholat dan berdoalah sepuas puasnya ya , tapi ga bisa puas juga karena waktunya dibatasin, karena banyak yang antri. 
Dari semua doa yang saya sampaikan ada beberapa yang sudah dikabulkan dan ada beberapa yang masih belum dijawab sampe sekarang oleh Nya, semoga dalam waktu dekat ya Allah. Aminnn.

Salah satu doa saya pada waktu itu: semoga termin proyek cepet cair, hahahaha
Iya sebelum berangkat umroh , pekerjaan di proyek lagi sibuk  bener, nagih termin  ga cair cair , dipersulit dan ribet banget urusannya, bikin stres semua orang. Alhamdulilah begitu diMekkah dapat sms terminnya udh cair,  langsung sujud syukur di Mesjidil harram. segitunya..
Selain itu juga mendoakan , doa titipan teman-teman

Kegiatan ziarah-ziarah  lain  yang dilakukan
- Mengunjungi Mesjid Quba

foto dari sini
Mesjid Quba adalah mesjid yang  pertama kali dibangun oleh Nabi Muhmmad SAW

Keutamaan mesjid ini:
 Menurut Hadits Nabi saw yang diriwayatkan oleh Abu bin Sahl bin Hunaif radhiyallahu ‘anhum, ia pernah mendengar Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wassalam bersabda: “Barangsiapa bersuci di rumahnya, kemudian mendatangi Masjid Quba, lalu ia shalat di dalamnya, maka baginya pahala seperti pahala umrah”.( HR. Tirmizi no. 298. Ibnu Majah no. 1401)


- Mengunjungi Mesjid Qiiblatain
foto dari sini
Mesjid ini dikenal dengan 2 kiblat, dimana dulu Rasulullah SAW pernah shalat dzuhur 2 rakaat menghadap ke arah Masjidil Aqhsa dan 2 rakaat menghadap ke arah Masjidil Haram . Penasaran kenapa? silahkan gugel sendiri ;p

- Mengunjungi Jabal Uhud
foto dari sini
Di lokasi ini tiada pepohonan, bisa dibayangin panasnya kaya gimana ya..
Disni dulu terjadi perang besar antara kaum muslim dengan kafir quraisy yang mengakibatkan sebanyak 70 orang para syuhada gugur. Sehingga rasulullah dulunya sering ziarah kesini.


-Perkebunan Kurma


foto dari sini

Sampe sekarang saya masih bingung ngebedain pohon sawit sama pohun kurma :D
Di sini kita bisa nyobain tester berbagai jenis kurma, ternyata jenis kurma itu beragam. Yang paling mahal itu kurma Ajwa yakni kurma kesukaan Nabi Muhammad SAW.

Kegiatan ziarah-ziarah ini hanya butuh waktu setengah hari aja , berangkat pagi hari seusai sarapan dan kembali pada saat akan zuhur. Jadi sholat zuhurnya  dilaksanakan di Mesjid Nabawi 

Makannya gimana dimedianh?
Nah disini dari travel menyediakan makan untuk pagi, siang dam malam, Menunya masakan indonesia, ada kerupuk , buah dan sambal juga.  Minumannya juga lengkap ada teh, kopi dan air jeruk. Dari padang saya udh bawa rendang, cabe goreng,  sama kerupuk-kerupuk pedas kesukaan, sebenernya kalo ga bawa gpp juga, karena kateringnya lumayan enak. er perlu ding, manatau nanti dapet kateringan yang ga cocok.

Belanja dimana aja di medinah?

Mesjid nabawi ini dikepung oleh hotel dan penginapan yang di teras-teras ato didalem gedungnya banyak terdapat tempat perbelanjaan. Mau barang branded bisa beli di toko dalem hotel movenpik, mau barang2 murah ada dikaki lima ato ddi toko2 juga. lengkap

gambar dari sini
Sepanjang jalan dari hotel ke mesjid nabawi kita akan melewatin berbagai macam kaki lima, semua dihampar ditengah jalan. gimana ga tergoda ya jeung


haj haj beli, murah murah  lima reyal lima reyal

Yak, pedangan dimedinah bisa berbahasa indonesia, bahkan ada yg beberapa kita bisa belanja pake rupiah jg dan mereka bisa balikin pake riyal *tepuk tangan* .

Barang-barang yang dijual berbagai macam pasmina, mukena, tasbih, gamis dll, dan semuanya made in china. zzz.zzz.zz
Jauh jauh ke arab ketemu barang cina lagi cina lagi.

Ada salah satu ibuk peserta umroh di rombongan saya, beliau udh beberapa kali  umroh dan selalu udah beli oleh-oleh umroh duluan ditanah abang sebelum berangkat kesini. huahahaa
Yang mau dikasih oleh-oleh itu banyak mbak,  bisa sekomplek :o
 Dan bener juga sih, yang dikasih oleh2 juga ga akan bisa bedain , ini dari arab ato tanah abang.

Hasil belanja di medinah: kurma, pashmina, kupiah2, abaya hitam (dengan ukuran s tapi kaya ukuran xl di indonesia gede bener sampe skrg belum dikecil2in dan ini bukan made in cina, yay ;p), daster, sajadah, cincin2 dan lain-lain lah ya

Proses belanjanya ga dikhusus in juga, bisa habis sholat duha, truskeliling keliling ketemu yang lucu beli, ya gitu gitu deh.  Pokoknya kalo udh pulang ke hotel, rata-rata udh bawa plastik belanjaan ;p. Dasar jemaah indo, hobinya belanjong.


Ada dua hal yang ga kesampean di sini:
melihat proses buka tutup payung otomatis dan foto bareng anak anak kecil arab yang canticantikbanget!!. Semoga diberi rezeki ke sini lagi ya. Amin Ya Rabbal 'Alamin


Setelah mengunjungi  Madīnah al-Munawwarah selama 3 harian, sekarang kita bertolak menuju Makkah al-Mukarramah untuk melaksanakan ibadah inti yakni ibadah umroh. *deg deg an*



bersambung lagi teman-teman ;D
















Jumat, 07 Februari 2014

Move On

Mungkin saja ramalan zodiak pisces di bulan januari: "Hati-hati akan banyak kejutan"

Karena baru diawal tahun saya udh dikejutkan oleh banyak peristiwa, mulai dari seneng banget proyek selesai terus dipindah lagi kerja dikantor cabang pekanbaru trus tiba-tiba baru seminggu dipekanbaru leptop dicuri orang trus sampe akhirnya  dikejutkan lagi oleh SPT (surat penempatan tugas) disuruh pindah ke cabang medan.

TIDAKKKKKKKKKKKKKKK

kamu itu aneh deh, udh dikasih pindah ke tempat baru ke posisi yang lebih bagus malah ga mau,
kmrn ga mau dipindah ke proyek djakarta,  maunya kerja dikantor aja, skrg udh ditempatkan kerja dikantor trus nolak lg, trus maunya gimana..

saya mau di kantor tapi yang cabang pekanbaru aja pak.

kalo kamu maunya disini terus ga akan berkembang don, ini maunya sdm pusat bukan saya yang ngusulin.

ga enak nya kerja di kontraktor no 10:dipindah pindah

Udh  8 tahun lebih saya tinggal di pku, Sejak 8 tahun ini pekanbaru sangat berubah pesat, waktu menginjakkan kaki pertama kali dipekanbaru , ini kota masih bnyk semak belukarnya ,mall ciputra dan ska aja belum dibuka, belum ada stadion2, belum ada trans metro dll. Sekarang udh makin berkembang dan terus berkembang.. cepet banget.

Sulit move on dan moving dari sini,  hati saya terlanjur nyaman dipekanbaru, bahkan lebih nyaman dari padang. Disini smg ga ada potensi bencana alam (ga ada laut dan gunung), ada mall, lbh teratur dan sebagian besar penduduk disini  isinya orang padang. Mau mudik kepadang juga gampang..
Walau banyak yg bilangin dipku itu gersang

Rata-rata teman-teman diperusahaan tempat saya bekerja menjalani LDR ,bisa seminggu /sebulan/dua bulan/ 3 bulan sekali baru ketemu  anak bini. Kenapa bukan anak dan suami? Rata-rata disini cowok semua, cewek itu jaranggg kecuali dikantor pusat jkt ya, ada 3 cewek aja dikantor udh banyak hitungannya.

Beda sama pemerintahan, dimana mutasinya jelas berapa lama, misal 4 tahun ato 2 tahun. Nah disini itu sering ga jelas.

Sekarang bisa aja ditempatkan di cabang pekanbaru, bisa jadi dua bulan lagi pindah kecabang bandung bisa jadi tahun besok di tempatkan disurabaya. Hanya orang SDM dan Tuhan yang tahu..

kata bos  : ya udah mba don,  dinikmatin aja, manatau ini salah satu jawaban dari doa-doa umrohmu yang belum terkabul. *aminin aja deh ya*

Trus kuliah apa kabar?
Nah itu lah.., jarak dr medan - padang itu jauhh
kira2 1jtan  pulang pergi pake pesawat (termasuk ongkos kereta kualanamu), kuliah 16 x pertemuan. ongkos aja udh 16 jt sementara SPP nya aja 7 jt per semester . Kalo naik darat bisa gempor deh.
Fix Kuliahku berat di ongkos !!
jd mungkn istirahat dulu

cerita soal kuliah, sy masih shock aja deh lihat nilai yang mana hasilnya beyond the expectation!!
padahal kuliahnya main main banget deh
se main main apa? sering bolos, absen aja ada yang kurang dari minimal kehadiran, udh sering absen ga kepikir pula pake surat ijin ( kan bisa aja dibuat kan), bikinn tugas ga sepenuh hati yang penting ada dan asal kumpul, dan main-main yang paling parah adalah: ga ngumpul salah satu tugas yang merupakan pengganti UAS dan lebih mentingin liburan akhir tahun . ck..ck.ck

dan sebenernya setelah plg libur pun sy masih punya kesempatan untuk ngumpulin, tapi ntah kenapa males aja. eh tau tau dikasih A- . *ngakak* .sampe skrg masih bertanya2 , kok bisa sih pak..;D

kembali ke soal pindah ...
sekarang masih galau
ga kebayang kehidupan disana gimana, trus nanti ngekos nya gimana..
trus teman-teman disana gimana?
trus disana berapa lama..
adakah semenyenangkan seperti hidup dipekanbaru..
hufff

Baiklah pak, habis ini usulin aku pindah ke bandung ya ya ya..


goodbye pekanbaru :'(













Kamis, 16 Januari 2014

Don't put all ur eggs in one basket



Di zaman sekarang ini, tingkat kriminalitas makin meninggi, kejahatan makin merajalela, banyak sekali aksi pencurian, perampokan, pembunuhan dan pemerkosaan . Berbagai macam motif yang mendasari aksi kriminal tersebut, diantaranya sakit hati, balas dendam, butuh duit dll.

Salah satu aksi kriminal yang akan saya bahas adalah perihal pembobolan kaca mobil. Kejahatan ini makin marak khususnya dipekanbaru dan kota besar lainnya, temen kantor udh tiga orang yang jadi korban. Pelaku membobol kaca mobil disaat yang punya mobil lagi lengah ato mobil lagi diparkir, sasarannya adalah tas, leptop atau barang berharga lainnya.

Dari penuturan teman  yang jadi korban  , dia parkir hanya sekitar 10 menit untuk makan siang disuatu tempat, mobil diparkir ditempat yang rame dekat jalan raya, begitu balik ke mobil , kaca tengah crv nya udh dipecah, satu tas kerja yang berisi leptop, ipad, paspor, flahsdisk, buku tabungan lenyap.

Tanggapan saya waktu itu? . masa sih malingnya bisa ambil disaat siang bolong, apa ga ketahuan orang sekitar, kok ceroboh bgt letakkan barang berharga dimobil, knp datanya ga di backup dulu dan bla bla..
kok bisa ya..
wait it until this happen to you..

Hari itu 14 januari 2014, jam 10.30 saya berangkat kekantor untuk ngeprint suatu file yang akan dbw oleh temen kjkt, sekitar 10.50 saya udh berada dikantor , yang ada hanya satpam yg baru bangun tidur. sepi sekali. Karena hari libur, pagar kantor ditutup, saya parkir di luar pager.

Saya masuk kantor dengan membawa 1 ransel , setelah ngeprint dll, temen saya datang dan langsung ngambil hardcopy tersebut dan dia langsung kebandara. Kemudian jam 12.00 siang saya keluar dari kantor dengan meneteng ransel , dan tas ransel tersebut sengaja saya taruh di kursi paling belakang. Kursi paling belakang selalu saya lipat, ranselnya tergelatak disana. Dalam hati, biasanya kan maling kalo ngambil di kaca samping, ga mungkin kalo dia ambil lewat kaca belakang kan susah.

Dari kantor saya menuju ke daerah rumbai, sebelumnya ngisi bensin dulu. Setelah bensin full, saya melaju ke rumah temen tersebut untuk melihat dia yang baru melahirkan. Saya parkir dari jam 12.40 - 14.00 dideket rumahnya ( 1 rumah setelah rumah dia), yang  terletak di jalan yang sempit, hanya bisa dilalui satu mobil.

Setelah dari rumah temen tersebut, saya singgah dulu ke salah satu ruko yang jualan jilbab yang berada masih didaerah tersebut. Toko tersebut berada di salah satu deretan ruko yang punya parkir luas, depannya langsung menghadap jalan raya.

Di toko itu hanya sekitar seperempat jam, kemudian saya meluncur lagi ke jalan nangka tepatnya di batam elektronik.  Jam 15.00 saya sampai di toko batam elektronik, parkir bukan didepan toko yang saya tuju, tapi dua roko disamping , karena memang lahan parkir yang tersdia hanya disana, lainnya penuh. Kira-kira setengah jam kemudian, barang yang dicari udh dapat, dan saya minta penjaga toko bawakan barangnya ke mobil, dan alangkah terkejutnya saya ketika mendapati kaca mobil seperti ini:
kaca kiri belakang dipecah

Saya langsung cek kedalam, dan bener saja  1 tas ransel kesayangan udh digondol maling.Astaghfirullah..

isinya apa aja: 1 leptop toshiba, 1 leptop macbook air, 2 external hardisk, 2 bh flasdisk, 1 modem dan beberapa surat2 lumayan penting.

langsung lemes, gemetar dan nanya-nanya ke sekeliling
yang pertama tukang parkir: "saya ga tau, ga ngelihat ada motor masuk , ga ngelihat ada orang ngebobol, kalo ada pasti sy larang" ,dan dia santai aja ngelanjutin kerjaan dia lagi, tanpa bertanya apa yang ilang

yang kedua tukang bangunan yg lg kerja didepan ruko: "saya ga tau, dari tadi kerja, ngebelakangin mobil, ga merhatiin apa-apa".

yang ketiga orang2  penjaga toko batam elektronik: saya ga lihat

dan orang2 disekitar sana saya tanyain sama juga pada jawab "ga tau"

oke, semua bilang ga tau dan ga ada yang melihat.
langkah pertama: langsung ambil foto-foto kejadian

mobil avanza hitam parkir  di 2 roko setelah tempat yg tuliisannya toshiba itu

roko dibawah canopi itu jual baut-baut dan ruko dengan pintu coklat itu lagi tutup


sebelah ruko yang lg tutup itu, ada tukang-tukang yg  lagi renovasi ruko,

ruko yg di renovasi, 1 ruko setelah saya parkir

ruko yang berpintu hijau yang punya cctv


penampakan dari depan, jalan raya dua arah

dengan batere hp yang sekarat saya langsung telpon kk ipar yg  tinggal dipekanbaru dan dia lagi dalam perjalanan dari padang ke pekanbaru, dia menyarankan langsung ke kantor polisi terdekat., karena nanti surat kehilangan pasti diperlukan untuk laporan pengurusan surat yang hilang. 

Setelah foto-foto, saya langsung ganti profil pic bbm, seperti dugaan banyak bbm masuk yang berakibat batere hp makin sekarat damn. Kemudian langsung bbm bos, mengabarkan kejadian ini. Si bos ngutus kemanan kantor ke lokasi, tapi karena hp saya mati jadi ga ketemu2,

Setelah itu saya langsung tancap ke kantor polisi, nyampe sama pukul 16.00, buat laporan , dimintain ktp disuruh cerita dll, setelah dia ngetik surat nya , saya diminta ke lantai tiga untuk menyerahkan surat tadi.
Disana ada beberapa orang bapak-bapak polisi dan saya bercerita kembali. Kemudian mereka bertanya apa ada orang yang dendam, apa punya musuh, sampe dituduh apa ada cinta segitga . yang terakhir sangat ga masuk akal.,  sampe akhirnya mereka mau melihat tkp.
Sebelumnya diambil sidik jari yang nempel di mobil dulu di kantor polisi

perlengkapan pengambilan sidik jari

jadi ngambil jejak cuma pake kuas yang udh ada serbuknya

tadi ada pegang-pegang ini ga? waduh lupa pak, sptnya iya, ada yang ngelihat juga tadi, 
ya gpp lah tetap diaambil aja ujarnya.

kemudian bersama polisi kita ke tkp. pake mobil yang kaca nya udh bolong tadi dan disupirin sama seorang wanita yang lagi panik karena data-data yang ilang itu penting semua. damn you pencuriii.

sesampainya dilokasi, bapak polisi tadi langsung menju toko yang ada cctvnya, minta ijin kelantai atas melihat kedalam. saya tunggu aja dibawah mobil. ga berapa lama  saya dipanggil ikut keatas dan mereka melihatkan hasil cctvnya.

Alangkah terkejutnya saya, ternyata yang ngambil itu pake mobil avanza juga, kirain pake motor. Terlihat  mobil pelaku parkir ga lama setelah saya parkir, persis dipepetin sebelah mobil saya, kemudian dia keluar dari mobilnya tanpa matiin mesin mobil, tanpa melongkok dulu kedalam mboil lansumg pecahkan kaca belakang dengan sekali hentakan, langsung ambil tas, dia masuk mobil lagi, langsung mundur dan kabur tanpa membayar parkir.

pertanyaannya: kenapa alarm mobil ga bunyi, kenapa orang sekitar ga ngelihat, kenapa dia ga bayar parkir, kenapa aksinya cepet banget, kenapa bisa 1 tas ransel itu isinya 2 leptop dan semua data2 ada disana , kenapa bisa ceorboh, kenapa pelaku pake mobil padahal jalan depan itu macet, kalo ketahuan gampang banget ngejarnya. kenapa oh kenapa

dari rekaman cctv saya berkesimpulan udh dibuntutin sama pelaku, tapi dimana ya? kalo dia buntutin dari kantor itu kan kelamaan, saya keluar dari kantor jam 12an, mungkin dirumah teman, tapi kenapa dia ga langsung ekesekusi aja kan tempatnya sepi, atau di toko atau dari rumah (jangan dari rumah ya Allah). takutttt

Sekitar jam 19.00 malem, kami (saya dan tiga org polisi) meluncur ke kantor polisi lagi untuk di bap. Jadi polisinya ngetik dengan leptop ngajuin pertanyaan saya menjawab. nati setelah selesai disuruh baca lagi dan kalo udh yakin dengan jawabannya ditandatangi, dan proses selesai. Ga pake bayar sedikitpun. Selesai di bap sekitar jam 20.30. Semua saya hadapin sendiri, kepala kemanan kantor baru datang lima menit sebelum selesai akibat hp yang sekarat td.

Rincian barang yang hilang:
1. Toshiba adalah leptop salah satu proyek saya dulu ,udh cukup lama, hanya dipakai jika membuka salah satu program yang ga bisa kebuka di mac ato ngeprint excel yang filenya gede  lbh kenceng ngeprint pake leptop ini..

2. Macbook air 13 inc adalah leptop sehari-hari saya, lebih lama menghabiskan waktu sama dia daripada sama kasur. dipake udh hampir 2 thn, udh pernah  jatuh juga 2 kali saking tipisnya jd ga kelihatan berada ditumpukan buku, hiks. bagian ujungnya udh patah dikit. Leptop ini sangat oke dipake buat bikin presentasi, tapi ga oke kalo diajak ngeprint  excel yang rumusnya ngelink sana sini. ini menurut saya lo, tapi menurut temen malah kencang pake mac.

3. Hardisk external hitam, isinya backup data dileptop lama ,  bisanya ditinggalin dirumah selalu.

4. Hardisk external silver, ini baru beli 2 bulan yang lalu  karena niatnya untuk backup data macbook. semua data udh dipindah kesini dan mau ngerapiin.

5. Flashdisk hitam, ini lumayan awet ga ilang2.
6. Fflashdisk cocacola, ini beli pas liburan kemaren niatnya mau dikasih kteman, oleh2
7. Modem, ini baru beli bersamaan dengan hardisk external silver, sebagai pengganti modem lama yang udh patah. *ganas banget sih mba pake barang*

8. Tas ransel abu-abu,  tasnya kerennnn bgt, baru beli juga sekitar 4 bulan yang lalu
9. Bon2 pembelian,pengambilan sertifikat dll.

Yang sangat penting tentu saja data-data didalem semua itu, ada data-data semua kerjaan,data-data kuliah, scan2 semua dokumen penting, ada foto2 dari sejak tahun kapan, ada curhatan-curhatan, ada dreamlist, ada banyak ilmu2, presentasi2, draft postingan blog juga ada disitu dll

Sebernya saya udh hati -hati sejak kejadian  yang menimpa teman kantor, dan sering juga dingatkan sama keluarga perihal pembobolan kaca mobil, karena temannya dipadang juga banyak yg jadi korban. Ketika parkir mobil, saya selaku meletakkan macbook air dibawah kolong kursi depan, tapi karena sarungnya ketinggalan dipadang jd sayang diletakkan begitu aja, akhirnya dimasukin keransel, hardisk extertenalpun biasa saya tinggal dirumah, tapi karena baru pindahan dari padang, semua saya tumpuk jadi satu di ransel.
Ini karena lagi apes, kok ya satu tas diisi dengan semua gadget dan data. Dont pull all ur eggs in one basket ;'(

Dan jujur saja, begitu proyek sy dipadang selesai, saya kepengen banget minta beli leptop lagi, karena kerepotan dengan pake 2 leptop, beli sendiri juga ogah ga ada duit. Macbook air memang keren, tp ga compatible sama beberapa program yang saya perlukan. kalo kerjanya hanya berkutat di excel , word dan powerpoint oke pake ini , apalagi bikin presentasi enak bgt.

mungkinkah ini yang harus dibayar, dapet leptop baru lagi tapi leptop lama dan semua data hilang.hiks
Banyak yang saranin  lihat ke "orang pinter" tp blm saya lakukan, yang bisa dilakukan berdoa semoga barangnya balik, tapi malingnya balikin kekantor aja atau kasih ke polisi. aku takutt.

Nilai moralnya: 
-jangan taruh tas ato barang berharga di mobil ato simpen ditempat yang tidak kelihatan, walo ga ada isinya kan bisa aja kacanya dipecah,
- rajinlah backup data dan simpen ditempat terpisah dengan leptop
- pergunakan penyimpanan di server , nah ini saya masih gaptek
- parkir mobil sebisa mungkin ditempat yang deket cctvnya, kmrn saya parkir ditempat cctnya agak jauh, jadi ga bisa zoom plat mobil pelaku
- ada yang mau nambahin?

Utuk teman-teman hati hati ya, jangan lengah, kata bang napi :  kejahatan bukan saja karena ada niat tapi juga karena kesempatan. waspadalah waspadalah.
 

masuk koran















































































Sabtu, 14 Desember 2013

Kunjungilah baitullah selagi muda part 2


sambungannya....

Jam 11 malem udah mendarat didubai,  ngelewatin petugas imigrasi abang abang berjenggot, ber jambang, ber hidung mancung , arab banget. deg deg an juga..

alhamdulilah imigrasi dilewatin dengan lancar *umpetin rendang 1 kg*
karena pergi berombongan begini , terpaksa harus saling nungguin. 

Diperjalanan ini kita serombongan ada sekitar 53 orang, terdiri dari yang  44 org silver dan 9 org gold. Usia termuda itu anak bayi  6 bulan *emaknya kebanyakan duit* dan usia tertua itu sekitar 65an thn . Rata2 dari 53 orang itu perginya berkeluarga, hampir ga ada yang pergi solo. kalo ga sama saudaranya , sama istri/suami, orang tua,anak atau temen yg udh dikenal.

oia beda biaya silver dan gold sekitar 2 - 5jt an, dan dibedakan oleh tempat penginapan. yang silver nginep dihotel bintang 3,4 dan gold yang minimal bintang 4 dan 5. Dari travelnya sendiri hanya menyediakan dua orang wakilnya, dialah yang mengurus semua keperluan jemaah, cek in dll, kita tinggal santai2 aja.

Setelah semua kumpul , kita dijemput sama bus untuk dianter kehotel. hotelnya deket dari bandara. sptnya hotel tempat nginep pramugari emirat. Nginepnya di Copthorne Airport Hotel Dubai  
Untuk pembagian kamarnya, kita udh bisa langsung lihat dibuku yang dibagikan sewaktu di jakarta, disana lengkap ada itinerary perjalanan termasuk alamat lengkap peserta dan nanti sekamar ama siapa aja di tiap hotel. karena saya ngambil umroh dengan paket sekamar ber 3, jadinya ber tiga terus.


kamarnya gede tapi tipi nya model jadul banget
yang disamping closet itu tempat buat cuci kaki,jangan pipis disitu :p


Hari ke 2, 6 Juni 2013.

Pukul 06.30 pagi hari kita udh diminta ngumpul dan sarapan. dannn kecewa aja dong ga nemu nasi. 

Pukul 07.30 kita udh check out dari hotel dan dilanjutkan dengan city tour dubai. Sayangnya city tour ini hanya setengah hari, karena pukul 12 siang udh harus bertolak ke bandara dubai untuk melanjutkan perjalanan ke medinah.


Masih inget salah satu judul di buku trinity traveler  "dubai lebay", yang menceritakan di dubai ini banyak membangun gedung  ter.. tingkat dunia.
terbesar, tertinggi, terdalam, terluas dll

Dengan waktu yang hanya kurang setengah hari, kita dibawa mengunjungi beberapa bangunan yang ter .. itu . dan tentu saja hanya turun sebentar foto2, naik bus lagi. yassalam. 

Karena perginya di bulan juni tentu saja dubai itu juga lagi musim panasssss, jd juga ga betah lama2 keluar dari mobil.

1. Hotel termewah
Namanya Burj Al Arab Hotel 

Kamar hotelnya ada sekitar 202 kamar dengan jumlah lantai 60 . Hotel ini sering dijuluki hotel bintang 7 , walau batasan hotel hanya sampai bintang 5. Ngelihat di online, itu kamarnya ala- ala timur tengah. tiap tamu katanya dipinjemin ipad emas buat meng akses info hotel. ratenya paling murah sekitar 20 jt an. Diatas puncaknya ada helipad dan restoran. Kata tour guidenya ada lo orang indo yang nginep disini trus belanja-belanja emas didubai,kaya ya.


gambar dari sini
seorang turis yang nahan-nahan panas demi foto


Pantai di area hotel ini bersihh, banyak yang bule bule juga tapi ga ada yang berani berbikini, dilarang sepertinya ya. udaranya panas gini , bule-bule santai aja . ga takut item mas


2. Bangunan Tertinggi di dunia
Namanya Burjh Khalifa ,merupakan pencakar langit tertinggi didunia, diresmikan 4 Januari 2010 , Kontraktor pelaksananya Joint ventire antara samsung C&amp,T. Besix dan Arabtec. Ketinggiannya 828 m ( hampir sekilo? ) dengan 160 lantai.

dari sini

gambar dari sini


udahlah foto dari jarak jauh kehalang pagar renovasi pula


pake kamera pocket susah dapet setingginya

dan lagi-lagi juga berfoto dari jarak jauh. kuciwa.





3. Pulau buatan terbesar di duniah

Namanya palm island, merupakan reklamasi pantai terbesar didunia. Pulai ini berisi hotel villa,apartemen, resort dll. Ini sebanyak apa ya pasir yang dikeruk *mikir*





Pulau ini berbentuk pohon palem dengan   17 daun , kelihatan seperti ini jika diambil dari atas.
Kemaren hanya ngelewatin jembatan dan menuju ke salah satu hotel termewah yang ada disana yaitu atlantis hotel.


atlantis hotel


dan hanya berhenti tepat di gerbang nya ini, foto-foto 10 menit, dipanggil balik ke bus. yasalam.


4. Mall terbesar didunia

Dubai Mall merupakan mall terbesar didunia. saking besarnya saya ga ngerti ini kemaren berada di bagian mananya.

DIdalemnya ada akuarium terbsar didunia, tempat ski terbesar, air terjun buatan terkece  dll.
ini halaman luar dubai mall bagian belakang sepertinya?



Kita diberhentiin di bagian belakang mall itu sekaligus biar bisa foto burjh kalifa juga.

Sebelum turun diingetin oleh tour guidenya yang asli india, hanya boleh masuk lurus ke mall ketemu spot untuk foto untuk burjh kalifa terus langsung ikutin jalan semuala, ga boleh pake acara masuk ketempat lain. karena semakin kedalam semakin jauh dan takut ilang karena saking gedenya.



Setelah melihat beberapa bangunan fenomenal tersebut , city tour ini tentu saja diakhiri dengan berhenti ditempat belanja. begitu keluar dari buss, ampun panasnyaaa


numpang pose di bus yang parkir



tempat perbelanjaan

disana saya hanya beli magnet kulkas, coklat batu ama mini burjh khalifa. pengen beli baju i love dubai, tapi ga nemu yang dasarnya bagus.


mata uang di dubai itu dirham
1 riyal itu sekitar 0.98 dirham 

Dubai itu dulunya gersang dan tandus banget, sekarang masih tandus juga tapi lumayan masih ada ketemu pohon dan rumput. Beda banget ya dengan indonesia, yang hijau dan rimbun *bersyukur*. buat nanem pohon sepertinya memerlukan biaya yang besar, apalagi buat nyiremnya. Kalo rumah ada rumput dan pohon-pohon berati orangnya kaya, gitu kali ya.




difoto dari balik kaca bus , saking tingginya  burjh khalifa masih kelihatan

bus yang menggantarkan city tour


jalannya gedee

halte bus didubai aja pakai ac 

Perjalan ke medinah menaiki pesawat emirat 

kok ga ada pohon?

Alhamdulilah sekitar jam 4 sore kita berhasil mendarat dengan selamat 




Assalamualaikum madinah :)






bersambung lagi ya :D